Selamat Datang di Blog Desa Panjalinan. Silahkan menikmati postingan disini dan anda dapat mengetahui semua potensi yang ada di Desa Panjalinan

Halaman

Minggu, 06 Januari 2019

Produk Unggulan Kerupuk Bandeng


(1). Hasil produk unggulan kerupuk bandeng

(2). Demo produk pembuatan kerupuk bandeng

(3). Foto bersama koordinator desa beserta pj dan peserta

(4). Foto bersama peserta demo produk 



Hi Guysssssss!!! Masih kembali bersama kami, kali ini KKN 20 ingin membagikan beberapa dokumentasi terkait acara demo product unggulan 1 kami yaitu acara pembuatan kerupuk bandeng bersama ibu PKK desa panjalinan di balai desa Panjalinan. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengalaman baru kepada Ibu PKK untuk dijadikan salah satu pekerjaan yang bisa dikerjakan perempuan selain bertani. Jadi praktik pembuatan kerupuk ini memang dikhususkan untuk para ibu-ibu rumah tangga. Harapan kami dengan memberikan pelatihan pembuatan kerupuk bandeng ini bisa dijadikan mata pencaharian baru ibu-ibu desa panjalinan selain bertani.
Foto yang pertama merupakan hasil product unggulan 1 yakni kerupuk bandeng yang sudah dalam kemasan. Foto kerupuk bandeng tersebut sudah dikemas dalam keadaan matang yakni kami bandrol dengan harga bersahabat, hanya lima ribu saja, selain itu kami juga mengemas dalam keadaan mentahan dengan harga sepuluh ribu per kemasan.  Product unggulan kami yang satu ini dijamin mantap karena bisa djadikan peneman saat makan atau camilan bersantai dengan keluarga.
Foto kedua merupakan foto yang diambil saat demo product dalam pembuatan kerupuk bandeng dengan pesertanya dari ibu-ibu PKK, jadi disini peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan setiap kelompoknya didampingi langsung oleh rekan-rekan KKN20, jadi saat praktik pembuatan kerupuk bandeng peserta tidak merasa kesulitan dalam proses pembuatannya, jadi disini semua rekan-rekan KKN20 juga belajar bersama dalam pembuatan kerupuk bandeng ini, jadi sama-sama belajar bareng bersama ibu-ibu PKK.
Foto ketiga merupakan foto yang diambil bersama koordinator desa, penanggung jawab product unggulan 1 dan kelompok yang menang dalam pembuatan kerupuk bandeng yang dalam proses pemuatannya selesai terlebih dahulu. Foto ini diambil sebgai kenang-kenangan sekaligus pemberian hadiah berupa kerupuk bandeng yang sudah dalam kemasan matang.
Foto keempat ini merupakan foto bersama seluruh peserta demo product yakni bareng ibu-ibu PKK dan seluruh rekan-rekan KKN20, foto ini diambil di akhir acara sebagai dokumentasi penting dan sekaligus sebagai kenang-kenangan dan pertanda berakhinya acara demo product pada hari itu.


Berikut bahan-bahan dan cara pembuatan kerupuk bandeng :

Bahan - bahan :

  1. 1 ekor ikan bandeng
  2. Tepung terigu ½
  3. Tepung tapioka ½
  4. 10 siung bawang putih
  5. 10 siung bawang merah
  6. Garam secukupnya
  7. Penyedap rasa
  8. Obat krupuk/ bleng
  9. Air panas secukupnya 
Cara Membuat :


1. Rebus air hingga mendidih
2. Masukkan ikan banden ke air yang telah mendidih

3. Haluskan bawang putih, bawang merah lalu campurkan garam dan penyedap rasa

4. Masukkan bleng dan haluskan bersama bumbu menjadi satu

5. Bersihkan duri ikan bandeng lalu campurkan ke bumbu yang sudah halus sampai merata
6. Campur tepung terigu dan tepung tapioka lalu masukkan air mendidih (kaldu ikan bandeng)
7. Campur bumbu dan aduk hingga merata
8. Masukkan adonan krupuk ikan bandeng ke dalam plastik lalu diikat
9. Rebus adonan sekitar 1 jam
10. Tiriskan adonan yang telah direbus, diamkan selama 30 menit (hingga adonan dingin)
11. Lalu iris adonan yang telah direbus tipis-tipis
12. Jemur adonan yang telah di iris hingga kering
13. Lalu, goreng krupuk bandeng yang kering dengan menggunakan minyak goreng
      14. Ikan bandeng siap di hidangkan (dikemas)