Selamat Datang di Blog Desa Panjalinan. Silahkan menikmati postingan disini dan anda dapat mengetahui semua potensi yang ada di Desa Panjalinan

Halaman

Kamis, 10 Januari 2019

Pembuatan Pupuk Organik









Assalamualaikum guys... kami dari kelompok KKN 20 UTM KKN Tematik Mandiri Gasal 2018 kali ini telah melakukan progam kerja kedua yakni pembuatan pupuk organik. Progam kerja kali ini dilakukan pada hari kamis tanggal 10 januari 2019 bertempat di rumah kepala dusun Galbah, acara ini diikuti oleh warga dusun Galbah yang mayoritas mata pencahariannya adalah petani, kepala desa Panjalinan, mantri pertanian kecamatan Blega, dan diisi ole pemateri dari koorinator penyuluh pertanian kecamatan Blega.
Foto yang pertama merupakan sambutan yang disampakan oleh bapak kepala desa, yakni bapak Mukhlisin. Sambutan ini berisi ucapan terima kasih kepada rekan-rekan KKN 20 yang sudah mengadakan acara ini dan umumnya kepada para peserta yakni warga dusun Galbah yang sudah berartisipasi di acara ini.
  Foto kedua merupakan foto sambutan dari koordinator desa yakni Mueh Rendi Arif Pratama sebagai wakil dari rekan-rekan KKN 20 yang berisi tentang sedikit penjelasan dari serangkaian acara pembuatan pupuk organik dan ucapan terima kasih yang disampaikan kepada para warga desa Galbah atas pastisipasi dalam kegiatan ini dan ucapan terima kasih kepada kepala desa dan koordinator penyuluhan pertanian atas kerjasamanya untuk mensukseskan acara ini.
Foto ketiga merupakan foto koordinator penyuluhan pertanian kecamatan Blega yakni bapak Sutaji dalam menyampaikan sekilas tentang pembuatan pupuk organik dimulai dari aa saja bahan yang dperlukan lalu proses pembuatannya dan cara pemakaiannya, penjelasan itu disampakan sebelum para warga praktik dalam membuatnya.
Foto keempat ini merupakan foto bapak Sutaji bersama seluruh peserta yakni warga dusun galba dalam proses pembuatan pupuk organik. Dalam foto ini digambarkan pula alat dan bahan pembuatan pupuk organik, jadi secara langsung peserta dapat melihat dengan jelas praktik pembuatan pupuk organik, selain itu pada proses pembuatan pupuk ini langsung di handle oleh moderator, jadi untuk peserta bebas untuk melontarkan pertanyaan mengenai proes pembuatan pupuk organik.
Foto kelima adalah foto bersama rekan – rekan KKN 20 bersama koordinator penyuluhan kecamatan blega bersama seluruh peserta pembuatan pupuk organik yakni warga dusun galba, foto ini diambil di akhir acara sebagai dokumentasi penting dan sekaligus sebagai kenang-kenangan dan pertanda berakhinya acara pembuatan pupuk organik pada hari itu.