Selamat Datang di Blog Desa Panjalinan. Silahkan menikmati postingan disini dan anda dapat mengetahui semua potensi yang ada di Desa Panjalinan

Halaman

Jumat, 02 Februari 2018

Pertanian di Panjalinan

Gambar Area Pertanian
(doc. pribadi)

Desa Panjalinan  mempunyai potensi terbesar dalam bidang pertanian. Setiap tahun para petani di desa Panjalinan menanam berbagai tanaman pangan yang bernilai ekonomis tinggi, seperti : Padi, Kacang, dan Jagung.

1.      Padi ( Oriza sativa )


           Padi ( Oriza sativa ) adalah salah satu potensi yang dimiliki oleh masyarakat desa Panjalinan. Padi ( Oriza sativa ) hasil panen secara umum dikonsumsi oleh pribadi sedangkan sisanya diperdagangkan. Semakin melambungnya harga beras menjadi kunci utama untuk meningkatkan sektor ekonomi masyarakat desa Panjalinan. Padi ( Oriza sativa ) yang mengandung karbohidrat tinggi dijadikan sebagai bahan makanan pokok masyarakat desa Panjalinan.  Melambungnya harga beras dikarenakan tingkat perawatan penanaman padi yang terbilang sulit sekaligus rumit. Masa tanam yang menempuh kurun waktu 3-4 bulan serta  salinitas dan kualitas air tanah dan cara  pencegahan tanaman dari hama merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi tingkat kesulitan penanaman padi ( Oriza sativa ). 

         Kondisi tanah di Desa panjalinan sangat subur, sehingga dapat memungkinkan untuk melakukan budidaya padi. Masyarakat desa biasanya menanam padi pada musim penghujan sehingga mudah mendapatkan air untuk budidaya padi. Kondisi tanah yang terbilang subur sangat memungkinkan untuk dilakukannya budidaya padi serta menghasilkan padi dengan kulaitas tinggi. Padi (Oriza sativa) biasanya ditanam dimusim kemarau untuk mempermudah pengaliran air disawah.
Gambar Tanaman Padi
(doc.pribadi)
2.      Jagung (Zea mays)

    
          Jagung (Zea mays) adalah potensi lokal desa Panjalinan yang ditanam pada musim kemarau. Hal tersebut, dikarenakan jagung (Zea mays) adalah salah satu tanaman  yang biasa ditanam pada kondisi tanah kering. Ukurun waktu penanaman jagung (Zea mays)  selama 3- 4 bulan dari masa tanam sampai pada masa panen.  Kandungan karbohidrat pada jagung tidak kalah tinggi dengan kandungan karbohidrat pada padi. Benih jagung (Zea mays)  yang ditanam oleh masyarakat desa Panjalinan adalah benih jagung (Zea mays)  asli madura.  

Jagung lokal asli madura dicirikan dengan karakteristik jagung yang berukuran kecil serta batang yang pendek. Jagung (Zea mays) diperjual belikan kemasyarakat luas baik dalam kondisi yang sudah dimasak ataupun dalam keadaan mentah. Banyak manfaat yang diperoleh dari hasil panen jagung (Zea mays)seperti: digunakan sebagai makanan burung dara dan dikonsumsi baik dikukus atau dibakar.
Gambar Tanaman Jagung
(doc. pribadi)
3. Kacang (Arachis hipogaea )

Tanaman kacang (Arachis hipogaea ) merupakan salah satu tanaman budidaya yang dapat dijadikan sebagai potensi lokal. desa Panjalinan jika diinovasikan dengan tingkat kreativitas tinggi.  Kacang (Arachis hipogaea)  merupakan tanaman polong-polongan  yang dipanen bijinya  untuk tujuan dikonsumsi. Kacang (Arachis hipogaea) ditanam pada tanah yang tebilang gembur dan subur namun tidak memerlukan sedikit air. Sehingga kacang (Arachis hipogaea) biasanya ditanam pada musim kemarau. 
Gambar Tanaman Kacang
(doc.pribadi)