Selamat Datang di Blog Desa Panjalinan. Silahkan menikmati postingan disini dan anda dapat mengetahui semua potensi yang ada di Desa Panjalinan

Halaman

Kamis, 01 Februari 2018

Panjalinan mempunyai pesona!! yuk intip

Pesona Panjalinan

Desa Panjalinan sang miniatur tanah Indonesia. Panorama pedesaan yang sangat Khas menyimpan sejuta keindahan dan temuan sejarah di masa lalu. Potensi yang dulunya masih sulit bahkan tidak pernah di ekspos kemasyarakat luas.”

1. Terasering Persawahan

Gambar Terasering desa Panjalinan
(Dok. Pribadi)
Di setiap dusun desa panjalinan di kelilingi oleh area persawahan yang sangat indah. Dengan keindahan persawahan yang luar biasa dapat meningkatkan potensi desa Panjalinan sebagai tempat untuk wisata. Panorama terasering yang indah layak dijadikan sebagai potensi wisata. View  yang indah serta menarik hati para pendatang merupakan potensi serta kekuatan tersendiri bagi desa khususnya masyarakatnya dalam mengembangkan kualitas desa.
Suasana pedesaan dengan udara sejuk layaknya berada didataran tinggi. Sejatinya dengan panorama serta udara yang sejuk dan suasana tenang dapat dijadikan tempat wisata bagi masyarakat dalam ataupun luar negri. 


          2. Area Pertambakan
Gambar Tambak Panjalinan
(doc. pribadi)
            Menyusuri kedalam desa Panjalinan akan terlihat area pertambakan yang dikelilingi oleh panorama pohon-pohon yang tersusun rapi layaknya sebuah pegunungan. Warna mentari disore hari memberikan kesan indah untuk dijadikan tempat pengambilan gambar. Beberapa wisatawan yang pernah datang ke area pertambakan dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar prewedding. Tentunya potensi ini dapat dijadikan sebagai tempat khusus yang nantinya menambah pendapatan lokal masyarakat desa Panjalinan.

3. Lesung (benda Kramat)
Gambar Lesung Panjalinan

Potensi tersembunyi dari desa Panjalinan yaitu lessung keramat.  Lesung merupakan benda bersejarah yang terletak di salah satu dusun yang terdapat di desa Panjalinan yaitu di dusun Panjalinan. Lesung tersebut sudah berada di desa panjalinan sejak zaman nenek moyang manusia. Konon, Lesung yang ada di desa Panjalinan awalnya terdapat 1 Induk dan 2 anak lessung. Akan tetapi suatu saat ada seorang anak yang bermain di area sekitar lesung tersebut lalu mengambil dan membawa pulang 1 anak lesung. Konon, pada akhirnya anak yang telah mengambilnya jatuh sakit dan meninggal. Sehingga pada saat ini lesung yang ada di desa Panjalinan hanya terdapat 1 Induk dan 1 anak lessung. Konon jika ada seorang beruntung berjalan di sekita area, lesung tersebut akan mengeluarkan cairan (darah). Dan cairan darah tersebut dapat diminum, apabila seoarang meminum cairan tersebut maka akan sembuh dari berbagi penyakit. Dari kejadian tersebut membuat warga masyarakat yakin terhadap kesaktian dan kekeramatan dari lessung tersebut. 
Perpaduan antara ditemukannya lessung  keramat serta panorama pemandangan desa menambah nilai potensi wisata untuk desa panjalinan.  Sejauh ini potensi wisata desa Panjalinan terbilang memadai dan jika dikembangkan akan menambah sektor ekonomi atau pendapatan masyarakat Panjalinan.