Selamat Datang di Blog Desa Panjalinan. Silahkan menikmati postingan disini dan anda dapat mengetahui semua potensi yang ada di Desa Panjalinan

Halaman

Kamis, 01 Februari 2018

Kependudukan dan Ketenaga Kerjaan Desa Panjalinan

  • Data kependudukan Desa Panjalinan


            Suasana pedesaan yang masih kental di desa Panjalinan dibuktikan dengan  tingkat kepadatan penduduknya yang rendah. Jumlah penduduk di Desa Panjalinan terdiri dari 1.383 jiwa  yang terdiri dari 305 kepala keluarga dan  terbagi menjadi 500 laki-laki, 733 perempuan, serta 150 anak-anak dan balita.


.
Diagram Kependudukan

         Berdasarkan diagaram diatas dapat diketahui bahwa jumlah penduduk terbesar didesa panjalinan adalah Wanita. 

  • Data Ketenagakerjaan Desa Panjalinan
         Ketenagakerjaan desa Panjalinan terbagi dalam lima  sektor. Dominansi penduduk laki-laki di desa Panjalinan yaitu sebagai pengelola tambak, petani, serta merantau. Sedangkan penduduk wanita desa Panjalinan berprofesi sebagai petani, pedagang, merantau serta ada yang hanya berperan sebagai ibu rumah tangga. Penduduk terbesar desa Panjalinan yang hanya mengenyam bangku sekolah sampai tingkatan dasar  dan paling tinggi tingkatan sekolah menengah membatasi mereka dalam hal keprofesian. Jumlah ketenagakerjaan di desa Panjalinan dibagi menjadi beberapa bidang, dintaranya; Petani sawah, peternak  tambak, merantau, pedagang, tenaga kependidikan, dan ibu rumah tangga. Desa Panjalinan yang dikelilingi dengan area persawahan yang luas dijadikan sebagai lahan perekonomian utama masyarakat setempat. 
           
Diagram Persentase Ketanagakerjaan
           Berdasarkan diagram diatas dapat diketahui persentasi ketenaga kerjaan masyarakat desa Panjalinan yaitu; Petani 40%; peternak tambak 20%; merantau 16% ; IRT 12 %; Pedagang 8% dan tenaga kependidikan sebanyak 4%. Para petani didesa panjalinan di dominasi oleh penduduk wanita. Sedangkan, para peternak tambak di dominasi oleh penduduk laki-laki. Hal tersebut dikarenakan pengelolaan yang terbilang rumit serta jarak  tambak yang cukup jauh memberikan andil kepada penduduk laki-laki untuk mengelola tambak.