Selamat Datang di Blog Desa Panjalinan. Silahkan menikmati postingan disini dan anda dapat mengetahui semua potensi yang ada di Desa Panjalinan

Halaman

Selasa, 30 Januari 2018

Sejarah panjalinan

SEJARAH

         Panjalinan arti katanya adalah rotan, Panjalinan dalam bahasa maduranya Panjelinan. Panjalinan adalah desa ujung dari kecamatan Blega dari kabupaten Bangkalan. Menurut cerita para pendahulu, disini ada kebun rotan. Beberapa tahun yang lalu ditemukan ada bibit rotan disekitar panjalinan dan itu adalah sebagai bukti bahwa benar adanya kebun rotan, desa panjalinan tersebut didapat karena zaman dahulu ada kebun rotan yang sangat banyak. 

             


             Panjalinan mempunyai benda kepercayaan yaitu lesung, lesung tersebut di percaya oleh sebagaian warga desa Panjalinan bahwa sebagai benda keramat yang dipercaya memberikan keselamatan bagi masyarakat desa Panjalinan.    Baru – baru ini lesung tersebut mempunyai anak (benda keramat kecil) 2 yang terlahir di sekitar lesung tersebut. Konon ada seorang anak kecil yang bermain di sekitar lesung dan mengambil anak lesung tersebut untuk dibawa pulang, dan lambat laun anak kecil itu sakit dan meninggal. Sekarang lesung tersebut mempunyai anak 1(benda keramat kecil), konon jika kita beruntung berjalan di sekitar area dan lesung tersebut mengeluarkan cairan (darah), maka cairan darah tersebut bisa di minum dan orang tersebut  bisa sembuh dari segala penyakit. Lesung tersebut ada di sekitar pinggir tambak panjalinan.


             Karena bertambahnya zaman kebun rotan tersebut mulai menghilang dari permukiman warga. Dahulu rotan sebagai potensi desa sekarang sudah menghilang potensi terbesar sekarang adalah ikan bandeng dari tambak.